Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Potret Keseruan Bermain Bersama di RPTRA Beringin

Sabtu, 25 Februari 2023 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 311 Kali

Sabtu, 18 Februari 2023, TGR Community kembali mengadakan event bermain bersama di RPTRA Beringin yang berlokasi di Jalan Rawasari Barat, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat setelah kegiatan pertamanya yang dilaksanakan pada 16 Februari 2019 silam.  Kegiatan ini diikuti oleh 5 orang perwakilan dari TGR Community dan kurang lebih sebanyak 20 orang pengunjung dan anak-anak. Pada kegiatan ini, TGR menyediakan beragam jenis permainan tradisional yang dapat dimainkan secara bebas oleh pengunjung.

 

Permainan tradisional

anak-anak bermain

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

Kegiatan dimulai pukul 09.30 WIB dengan berkumpul bersama antara tim dengan pengunjung. Lalu, dilanjutkan dengan ice breaking pembagian kelompok, bermain cingciripit, dan ampar-ampar pisang. 

Setelah puas bermain, para pengunjung dan anak-anak diberi kebebasan untuk bermain berbagai permainan yang telah disediakan oleh tim TGR. Mereka bisa memilih untuk memainkan congklak, gasing, dampu, permainan jejak, karet, ular naga, telepon kaleng, serta egrang batok secara bergantian.

 

permainan telepon kaleng

permainan gasing

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

Selain itu, TGR juga mengenalkan permainan ular tangga raksasa yang bertema “Sehat dan Keren Tanpa Rokok” dengan tujuan untuk edukasi kepada anak-anak terkait bahaya merokok.

 

permainan ular tangga

ular tangga raksasa

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

Meskipun pengunjung yang berpartisipasi tak sebanyak kegiatan sebelumnya,  tetapi suasana bermain tetap meriah dan seru. Hal tersebut terlihat dari antusias anak-anak pada permainan karet. Karena hal ini, tim TGR langsung membuat banyak variasi permainan karet dengan tujuan agar suasana semakin meriah. 

 

bermain lompat karet

ragam permainan karet

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

Kali ini, pengunjung diajak bermain karet dengan beberapa variasi berdasarkan cara bermainnya. Permainan pertama ada lompat karet yang cara bermainnya dengan melompati karet yang sudah dirangkai mulai dari setinggi mata kaki hingga sesuai dengan tinggi badan mereka. Lalu, permainan berikutnya yaitu dengan melewati kolong rangkaian karet tanpa menyentuh karetnya mulai dari setinggi mereka hingga lutut. 

 

bermain congklak

permainan jejak

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

Kegiatan bermain bersama ini memiliki banyak manfaat. Selain sebagai wadah untuk melestarikan permainan tradisional, juga sangat bermanfaat untuk pembelajaran dan melatih kemampuan motorik terutama bagi anak-anak. Jadi, lewat kegiatan ini TGR mengajak para Sobat TGR untuk melestarikan permainan tradisional dan mengajak anak-anak bermain. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main Di Luar! (SAL/ed.SEP)

Komentari Tulisan