Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Ajarkan Anak Beradab Dengan Bermain Permainan Tradisional

Sabtu, 04 Maret 2023 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 393 Kali

Halo, Ayah, Bunda yang ada di seluruh dunia! Semoga kita semua sehat dan bahagia selalu ya!

 

Dalam episode TGR Parenting kali ini, TGR ingin membahas mengenai nilai sosial dan dampak baik dari bermain permainan tradisional terhadap tumbuh kembang anak. Yuk, kita simak sama-sama!

 

Ayah, Bunda, pasti sudah tahu kan, kalau bermain merupakan salah satu hak anak yang wajib kita penuhi. Anak-anak kita perbolehkan bermain asalkan mereka tetap sopan, ya, Ayah, Bunda. Lalu, gimana caranya ya, agar anak tetap menjadi pribadi yang baik dengan bermain?

 

Menurut beberapa penelitian yang telah membahas manfaat permainan tradisional, terdapat nilai-nilai kehidupan dalam permainan tradisional di antaranya, yaitu nilai persamaan status (dam-daman/damdas), ketaatan terhadap aturan (hompimpa), berpikir strategis dan kreatif (kelereng), kecerdasan (congklak), kepekaan sosial (petak umpet), tanggung jawab, sikap lapang dada, maupun sikap berkompetisi dan dorongan untuk berprestasi serta banyak nilai dan dampak positif lainnya.

 

 

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Seperti zaman dahulu, upaya pelestarian permainan tradisional harus dilakukan dalam bentuk statis (identifikasi dan dokumentasi) dan dinamis (mengajarkan untuk dimainkan). Pengajaran tentang permainan tradisional ini perlu kepedulian dari berbagai pihak, yaitu keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Anak yang tidak mengenal permainan tradisional ada kemungkinan disebabkan oleh lingkungan yang tidak mengajarkan permainan tradisional, baik secara statis maupun dinamis.

 

 

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Anak-anak yang tumbuh dan berkembang karena pengenalan dan pengajaran permainan tradisional dikatakan memiliki karakteristik yang berbeda. Perbedaan tersebut terlihat mencolok pada pola sosialisasi anak terhadap lingkungan, seperti sikap bertanggung jawab, bekerja sama, ataupun kepekaan sosial terhadap sekitarnya.

 

Jadi, ayo kita bermain permainan tradisional. Karena banyak sekali manfaat dan nilai-nilai kehidupan di dalamnya yang dapat kita terapkan pada kehidupan sehari-hari. Bangga permainan tradisional. Lupakan Gadgetmu, Ayo Bermain di Luar! (KUN/ed.NAU)

 

Sumber:

Humas. 2015. Permainan Tradisional Punya Nilai Sosial dan Psikologis Tinggi. https://www.umm.ac.id/id/arsip-koran/kedaulatan-rakyat/permainan-tradisional-punya-nilai-sosial-dan-psikologis-tinggi.html. Diakses pada 1 Maret 2023.

Mujinem. 2010. Nilai-Nilai Kehidupan Sosial dalam Permainan Tradisional Anak di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Era Globalisasi. Humanika, Vol 10:1.

Tgr Parenting Parenting #tgrparenting Permainan Traditional Manfaat Permainan Tradisional Adalah
Komentari Tulisan